Wednesday, January 2, 2008

RUMAH BUDAYA PECANTINGAN
Menciptakan lingkungan yang berbudaya dan budaya mencintai lingkungan

Gallery
Temukan kesenian dan kerajinan khas Jawa Timur di Galery Canting : batik tulis sekardangan, wayang kulit jawa timuran, topeng malangan, batik pesisir jawa timuran, anyaman penangkap ikan sungai, rawa dan laut, tenun, busana khas jawa timuran, mebel dan perabot antique, dan banyak lagi kerajinan dan kesenian di galery Canting yang bisa anda beli atau sekedar nikmati . Juga tersedia, kartu pos, kaos dan foto foto. ( masih dalam perencanaan )

Kedai kampoeng
Ditepi kolam pemancingan dan dikelilingi aneka tanaman hias kami menyediakan makanan tradisional ala Rumah Budaya, dimasak secara alami dan dihidangkan secara tradisional menggunakan bahan bahan pilihan. bandeng bakar dan udang pepes, pecel dan urap urap, kopi tubruk dan makanan ringan lainnya termasuk rujak masis dan rujak petis Sekardangan.

Kolam Pemancingan ikan
Rumah Budaya pecantingan diklilingi dengan kolam pemancingan yang terbuka untuk umum, namun untuk menjaga kenyamanan pengunjung dan keselarasan alam lingkungan maka akan dibatasi jumlah pemancing.

Kebun tanaman hias dan apotik hidup
Berpegang pada keselarasan alam dan manusia, lingkungan RBP adalah bentuk kecil dari ekosistim dimana ada kolam, hutan kota dan kebun apotik hidup serta tanaman hias. Pengungjung diperkenankan membeli atau sekedar menikmati tata taman tradisional dengan aneka tanaman modern dan asli Jawa.

Kelompok Teater
Teater Pecantingan dengan eksplorasi dari seni pertunjukan jawa timuran : wayang kulit, pencak silat, ludruk, musik pesisiran, patrol serta memunculkan objek objek tradisi keatas panggung, mengangkat isu mendasar kemanusiaan dan lingkungan dengan berbagai medium, banyak kata atau mini kata, banyak gerak sampai mematung, mengangkat idium keatas panggung teater modern.

Sanggar seni dan ruang pendidikan
Belajar membatik dengan warna alami dan sintesis, belajar membuat wayang dari kulit, kertas, rumput dan bahan bahan lainnya, belajar seni tari, teater dan musik baik tradisional maupun modern bersama pengajar dan seniman yang hendal didunia seni di sanggar seni dan ruang pendidikan RBP. Di kelolah oleh Jumaadi, seniman asli Sidoarjo yang telah melanglang buana ke berbagai belahan dunia.

pengenalan seni batik tulis :
Selama 4 jam workshop di Pecantingan atau disekolah/ kantor/ lembaga anda untuk belajar membatik secara tradisional dengan menggunakanbaik warna alami maupun warna sintesis. dengan motif tradisional ataupun karya baru.

pengenalan seni wayang :
4 jam workshops membuat wayang di RBP atau di sekolah dan lembaga anda, dimulai dengan menggambar, memahat dan menyungging wayang dari bahan kulit dan kardus. Usai membuat wayang baik tradisional ataupun kreasi baru, anda dan kelompok akan diajak memainkan wayang dengan sulukan, nggeremeng dan gamelan dasar. Pada pertunjukan akan didokumentasikan dan anda bisa mempunyai rekaman CD.

jam buka dan alamat Rumah Budaya
10 pagi- 9 malam setiap hariPojok Selatan Jl Pecantingan 39 A, Sekardangan, Sidoarjo, East Java, IndonesiaPh +6285649865441Email: jumaadi@hotmail.com

1 comment:

Deny Efita said...

biaya masuknya berapa yach?